GULALI Lab Sudah Dimulai!

Senin kemarin, 16 Agustus 2021 menjadi hari pertama rangkaian kegiatan GULALI Lab. Ini adalah hari Senin yang menyenangkan buat kami. Kami bisa berkumpul bersama di ruang virtual, bertatap muka, saling berkenalan. Kegiatan hari pertama ini dimulai dengan perkenalan tim GULALI Lab, penjelasan tentang GULALI Festival dan GULALI Lab lalu dilanjutkan dengan perkenalan peserta, presentasi dan diskusi. 

Ini kali pertama semua peserta GULALI Lab berkumpul dalam format lengkap dan kali pertama juga mereka menceritakan konsep pertunjukan yang mereka usulkan untuk ditampilkan di GULALI Festival nantinya. Satu persatu tim peserta mendapat giliran untuk menceritakan konsepnya. Dimulai dari tim SEKAT Studio, Sasikirana KoreoLab & Dance Camp, Flying Saroong, Didik & Dian, Lakota.Kujawas, Institut Tingang Borneo Teater (ITBT), Waktunya Main, UlangAlik, Kahanane Project.

Setelah tim peserta menceritakan konsep pertunjukannya, kami memperdengarkan komentar-komentar dari juri anak dan mempersilakan tim peserta lainnya untuk memberikan komentar terkait usulan karya yang dipresentasikan. 

Seru sekali obrolan-obrolan yang tercipta di pertemuan kemarin, baik di kolom percakapan maupun obrolan langsung. Peserta banyak yang tidak menyangka komentar-komentar dari juri anak. Hal-hal yang luput dari perhatian, ternyata malah mendapat perhatian dari juri anak. Banyak juga komentar juri anak yang membuat para peserta merasa perlu berpikir ulang untuk memodifikasi usulan karyanya. Nampak banyak peer yang tercipta tetapi makin bikin semangat untuk mengolah karya-karyanya. 

Diskusi yang terjadi antar peserta juga menyenangkan. Komentar juri anak dan komentar peserta lain untuk tim Lakoat.Kujawas misalnya, bisa membuat tim ITBT menjadi punya ide untuk menambahkan elemen tertentu untuk menyampaikan pesan dalam karya mereka. Ada juga tim Kahanane Project yang jadi ingin belajar tentang membangun set setelah melihat setnya SEKAT Studio. Banyak juga yang terkesan dengan pengerahan warga sekitar untuk karya yang disiapkan oleh Lakoat.Kujawas. 

Semua antusias dengan persiapan karyanya masing-masing, sekaligus juga saling mendukung dan mengagumi karya peserta lain. Sepertinya semangat untuk sama-sama bertumbuh, saling memberi dukungan dan masukan, sangat besar di GULALI Lab ini. 

Fasilitator untuk sesi kali ini adalah Kak Aio dan Mbak Ria yang juga penggagas dari GULALI Lab/Festival. Mereka berdua bergantian menjelaskan tentang apa dan bagaimana GULALI Lab/Festival ini bergulir, siapa saja yang terlibat menjadi fasilitator dan hal-hal terkait lainnya. 

Ada hal menarik lainnya yang baru saja disampaikan kepada seluruh peserta di dalam pertemuan ini, yaitu setiap satu tim peserta akan didampingi oleh satu orang ilustrator dari Kelas Ilustrasi Buku Anak ITB. Teman-teman ilustrator ini akan “mencatat” proses yang dilalui oleh masing-masing tim peserta dalam bentuk ilustrasi sesuai dengan gaya ilustrasi mereka masing-masing. Wah, bagaimana interpretasi mereka terhadap proses yang dilalui peserta ini juga menarik untuk diikuti, ya. Mari kita tunggu bersama. 

Melihat perjalanan yang seru di hari pertama, tak sabar rasanya mengikuti kegiatan di hari-hari selanjutnya. Semoga perjalanan GULALI Lab ini selalu menjadi bagian proses yang mengasikkan untuk teman-teman peserta dan menjadi cerita menarik juga untuk teman-teman yang mengikuti prosesnya dari luar, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *