Mengenal Cara Sue Giles dan Polyglot Theatre Bekerja

Salah satu fasilitator yang paling ditunggu kehadirannya adalah Sue Giles. Dan, tanggal 20 Agustus 2021 kemarin, di hari kelima kelas intensif GULALI Lab dilakukan, Sue Giles hadir membawa cerita tentang Polyglot Theatre serta pengalamannya bekerja dan berkarya bersama anak-anak. Yang istimewa adalah Sue Giles membuat pertemuan kemarin menjadi satu kegiatan workshop kecil bersama para peserta. Itu sebabnya sehari sebelumnya, tim GULALI Lab sudah mengingatkan peserta untuk masuk ruangan dengan membawa alat tulis/alat gambar dan kertas yang cukup untuk ikut aktif dalam workshop. 

Sue Giles telah menjadi Direktur Artistik Teater Polyglot sejak tahun 2000. Polyglot Theatre memiliki reputasi internasional untuk karya seni kontemporer yang melibatkan anak-anak dengan cara yang unik untuk menciptakan pengalaman yang menggabungkan teater, permainan, dan tontonan visual.

Proses kreatif Sue yang berpusat pada anak telah menjadi bahasan di kelas master, tesis, forum, serta diskusi secara nasional dan internasional termasuk di acara-acara seni pertunjukan utama di Swedia, London, Melbourne, Singapura, Makau, Sao Paulo, dan Norwegia.

Karya-karyanya telah dipentaskan di 15 negara di lima benua dalam lima bahasa yang berbeda. Karya-karya tersebut telah dihadirkan oleh festival-festival besar Australia dan beberapa pusat seni terkemuka dunia, termasuk di Festival dan Kongres Internasional ASSITEJ yang ada di Adelaide pada tahun 2008 dan Warsawa pada tahun 2014. 

Karya-karyanya telah memenangkan banyak penghargaan dan Sue Giles juga dinominasikan untuk penghargaan Age Critics and Helpmann.

Sue telah menjadi pembicara utama di berbagai tempat, menjadi mentor untuk seniman independen di Melbourne, Edinburgh, New York, dan terlibat dalam membina para seniman dalam proyek Kiln Art Center Melbourne, Melbourne Fringe, dan kelas master ArtPlay.

Sue adalah advokat untuk Theatre for Young Audiences di Australia melalui kemitraan dengan Theatre Network Australia, dan terpilih secara internasional sebagai Presiden ASSITEJ International – asosiasi teater global untuk penonton muda pada tahun 2021.

Pada tahun 2018, Sue menerima Penghargaan Pencapaian Seumur Hidup Ruang Hijau untuk karyanya di industri seni Australia. Ia juga menulis artikel untuk Currency Press dengan judul Young People and The Arts: an Agenda for Change. 

Pada 2019, Sue diangkat menjadi Anggota Ordo Australia (AM) dalam Daftar Kehormatan Hari Australia 2019. Dia diakui dengan kehormatan nasional ini untuk layanannya yang signifikan terhadap seni pertunjukan sebagai direktur artistik, dan teater untuk anak-anak.

Dalam materi pengantarnya di GULALI Lab ini, Sue Giles mengatakan bahwa anak selalu punya kekuatan secara artistik, sosial dan budaya. Anak-anak selalu menjadi pusat inspirasi. 

Di Polyglot, design selalu berangkat dari awal dan berkembang bersamaan dengan pengembangan konsep. Ia juga bercerita bahwa walaupun dalam bentuk work in progress, karya perlu tetap terlihat artistik/sudah ada “bentuknya”, agar bisa dilihat juga penampilannya. 

Saat workshop berlangsung, peserta diminta untuk mengambil kertas yang sudah disiapkan dan alat gambar/spidol/pensil yang berwarna cukup terang untuk dapat diperlihatkan di layar nanti. Peserta diminta menggambar berbagai bentuk. Pertama lingkaran berbagai ukuran sebanyak mungkin, di tengah-tengah proses menggambar Sue meminta peserta memakai tangan yang lain dan berbagai variasi menggambar lainnya. Setelah itu, peserta diminta untuk mengambil alat tulis dengan warna yang berbeda dan membuat garis lurus yang bervariasi juga. Setelah selesai, semua peserta memperlihatkan hasil gambarnya. Wow, seru ternyata! Hasil gambarnya sangat beragam dan membuat senang. 

Proses berikutnya, Sue meminta peserta mengambil kertas yang berbeda. Lalu bersama-sama menggambar kucing sedetail-detailnya dengan mata tertutup. Ini makin seru. Keseruan terus bertambah sampai akhir workshop. 

Kegiatan di kelas intensif ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Para peserta mengulik banyak hal dari Sue tentang pengalamannya di Polyglot dan bagaimana caranya Sue berkreasi dengan dan untuk anak-anak. 

Kelas bersama Sue Giles adalah kelas intensif dengan tamu terakhir yang ada di GULALI Lab tahun ini. Esoknya, hari Sabtu, 21 Agustus 2021 akan menjadi hari refleksi untuk semua teman-teman peserta. Tunggu kabar berikutnya, ya, untuk tahu apa saja yang akan mereka sampaikan pada saat refleksi bersama nanti. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *