Persiapan dari Para Peserta GULALI Lab Semakin Seru!

Kemarin di pertemuan mingguan, perwakilan dari masing-masing tim menceritakan perkembangan proses yang sedang mereka lakukan. 

Diskusi juga berjalan dengan sangat menarik. Tim peserta saling memberi dukungan dan masukan membangun bagi satu sama lain. 

Tim Waktunya Main mengambil kesempatan pertama untuk menceritakan perkembangan prosesnya. Bagaimana eksplorasi mereka terhadap properti dan sumber daya yang mereka punya. Mereka sedang mengulik dan mengeksplorasi berbagai objek seperti cahaya, kain dan objek lainnya. Mereka juga mengeksplorasi musik yang akan menjadi penguat suasana di pertunjukan mereka. Komentar beberapa teman peserta yang lain untuk tim Waktunya Main adalah lighting dan musiknya bagus sekali. 

Tim Sasikirana diwakili oleh Bude Ratna menceritakan persiapan eksplorasi tari dan tokoh-tokoh yang diciptakan, salah satunya pengembangan karakter dari Si Raja Api-Api. Mendengar detail cerita persiapan yang dilakukan Tim Sasikirana, peserta yang lain berkomentar bahwa itu sangat seru. Sayangnya detail cerita yang disampaikan oleh Bude Ratna belum bisa dibocorkan terlalu banyak di sini, hehehe… Tunggu saja, ya….

Lalu Tim Flying Saroong bercerita tentang pengubahan bentuk dan proses pemunculannya yang sedang mereka eksplorasi dari aset pertunjukan dan sarung yang mereka akan pakai. Mereka juga memantik bahan diskusi tentang bagaimana membangun partisipatori dengan para penonton. 

Beda lagi dengan Tim Lakoat Kujawas yang memiliki banyak sumber daya alam dan kemampuan tim di sana yang bisa dimainkan di pertunjukannya, mulai dari tumbuhan, kain tenun, eksplorasi aset dari hewan peliharaan, dll. Pada saat Bang Dicky dan tim Lakoat Kujawas menampilkan foto-foto eksplorasi mereka, tim yang lain ikut berkomentar juga bahwa eksplorasi material tim Lakoat Kujawas sangat menarik!

Tiga terakhir yang berbagi cerita perkembangan prosesnya adalah ITBT diwakili oleh Mas Abdul, Tim SEKAT Studio dan Tim Didik & Dian yang sedang mengeksplorasi proses tampilannya. 

Diskusi rasanya berjalan sangat cepat. Waktu dua jam ternyata sangat mudah terlewati.Pertemuan mingguan yang pertama ini harus berakhir dengan perpanjangan waktu setengah jam dari waktu yang ditentukan sebelumnya. Masih tersisa dua kelompok yang belum menyampaikan cerita perkembangannya di zoom meeting ini. Mereka menyampaikan perkembangan proses yang mereka lakukan di whatsapp group dan akan mendapatkan kesempatan pertama di pertemuan zoom  berikutnya. 

Mulai minggu ini ada kesempatan juga bagi semua tim peserta untuk one on one meeting. Masing-masing tim memiliki waktu 30 menit untuk mendiskusikan dan membahas masalah yang muncul saat persiapan karyanya. Diskusi dilakukan bersama Mbak Ria dan Kak Aio sebagai fasilitator GULALI Lab. Tim Waktunya Main dan UlangAlik mengambil kesempatan pertama untuk pertemuan privat ini. 

Sampai bertemu di kabar berikutnya! Beberapa foto akan kami tampilkan di sini juga untuk yang mau lihat-lihat sekilas tentang persiapan dari semua tim peserta. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *