Rombak Sana Sini Terjadi di GULALI Lab

Tidak selalu semua rencana yang sudah dibayangkan, bisa sesuai saat diwujudkan. Karena itu teman-teman peserta GULALI Lab melakukan banyak percobaan di sana sini. Percobaan bahan, sudut pandang cerita, tokoh, lokasi, dan lain-lain. 

Bila semua yang sudah dibayangkan kemudian saat diujicobakan ternyata “tidak bekerja” seperti yang diharapkan, otomatis perlu berpikir ulang dan melakukan perubahan agar karya yang dihasilkan dapat sesuai. 

Hal itu yang banyak terjadi di tim-tim peserta GULALI Lab minggu lalu. Baik saat pertemuan mingguan atau saat one on one meeting, beberapa tim menceritakan pengalamannya merombak ini dan itu. Ada yang melakukan perubahan sangat besar, ada juga yang hanya perlu memodifikasi sedikit bagian saja. 

Mencoba, kurang berhasil, dicoba lagi, masih belum pas, rombak lagi, begitu terus sampai menemukan yang pas. Ini yang sedang dikerjakan oleh hampir semua tim peserta GULALI Lab. Mereka bilang proses ini bikin pusing tapi seru dan menantang.

Wakil dari salah satu tim peserta bercerita kalau mereka sudah membuat boneka dengan bahan tertentu yang sudah mereka siapkan, ternyata setelah dimainkan, si boneka tidak bergerak dengan luwes dan jadi kurang sesuai dengan cerita yang akan dibawakan. Tim berikutnya bercerita sedang mencoba membuat boneka dari berbagai bahan yang belum pernah mereka pakai sebelumnya. Ada juga yang sedang berproses membuat topeng tetapi ekspresi si topengnya belum sesuai dengan harapan jadi masih perlu coba lagi dan ubah bentuk di sana sini.

Tim yang lain, setelah berdiskusi, akhirnya merombak ceritanya supaya lebih pas dengan durasi dan dengan sumber daya yang ada. Ada juga yang melakukan perombakan di sudut pencahayaannya supaya lebih sesuai dengan suasana yang ingin dibangun. 

Seru melihat proses yang sedang berjalan! 

Kalau ada yang juga penasaran dengan proses yang sedang dilakukan, coba cek saja instagram masing-masing tim. Mereka menceritakan proses pembuatan karyanya di instagram mereka juga. Atau bisa juga klik tagar #mengintipdibalikpanggung di instagram @gulalifestival 

Klik nama-nama tim di bawah ini untuk melihat instagram tim peserta GULALI Lab:

Didik & Dian

Flying Saroong

Institute Tingang Borneo Teater (ITBT)

Kahanane Project (K.Pro)

Lakoat.Kujawas

Sasikirana KoreoLAB & Dance Camp

SEKAT Studio

UlangAlik

Waktunya Main

Minggu ini masih akan ada pertemuan mingguan dan one on one meeting untuk beberapa tim peserta. Akan ada cerita seru apa lagi kira-kira?

Tunggu, ya!

Sambil menunggu, boleh juga lho ikutan mendukung kami dengan mengadopsi kaus-kaus lucu di toko kami. Kaus yang menjadi merchandise GULALI Festival ini sudah bisa dipesan. Pre-Ordernya dibuka sampai tanggal 30 September 2021 dan pengirimannya akan dilakukan mulai tanggal 20 Oktober 2021. Pembeliannya dapat dilakukan di sini. Design artwork yang digunakan di merchandise ini adalah karya dari Muhammad Alhaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *