Serunya Penjurian Peserta #GulaliLab bersama Juri Kecil

Gulali Festival adalah Festival Seni Pertunjukan untuk Anak pertama di Indonesia. Gulali Lab adalah rangkaian kegiatan menuju Gulali Festival, dimana kami mencari individu atau kelompok yang ingin belajar dan tertarik untuk membuat seni pertunjukan untuk anak. Gulali Lab membuka pendaftaran proposal mulai tanggal 23 Juli sampai 7 Agustus 2021. Senang sekali rasanya melihat antusias teman-teman dari berbagai daerah Indonesia untuk menjadi bagian Festival Pertunjukan untuk Anak pertama di Indonesia ini.

Setelah tim Gulali mengkurasi 33 proposal yang masuk, kami memutuskan 11 proposal yang akan lanjut dinilai oleh Juri Kecil. Kenapa sih kami membawa juri kecil pada proses penilaian proposal karya teman-teman?

Gulali Festival adalah Festival Seni Pertunjukan untuk Anak, maka menurut kami menyertakan juri anak menjadi salah satu poin penting ketika membuat pertunjukan untuk anak. Anak-anak punya cara pandang yang berbeda dengan orang dewasa tentunya, dan mendengar pendapat jujur mereka tentang karya yang akan dibawakan peserta bisa memberikan nilai baru yang patut diingat oleh peserta.

Akhirnya, pada Minggu, 8 agustus 2021 sore, kami mengundang juri kecil yaitu Lunang, Arka, Saima, Binar, Rintik, Aliyah, Widuri, Dru dan Den Bagus. Kami melakukan diskusi daring menggunakan Zoom. Kami bahagia sekali, semua juri kecil menyempatkan waktu mereka untuk menonton video presentasi peserta dan langsung semangat mengangkat tangan ingin memberikan komentar. Bahkan, tanpa kami sadar, obrolan berjalan hingga 1,5 jam. Sore itu, kami dibuat takjub, juri-juri kecil ini menyampaikan pendapat mereka tentang karya tanpa ragu. Bahkan, beberapa pendapat kami pada beberapa karya, bisa berbanding terbalik dengan apa yang mereka pikirkan. Ide serta masukan, ekspresi mereka, kebingungan dan tawa para juri kecil ini menjadikan proses seleksi #GulaliLab jadi sangat istimewa.

Proses ini menjadi salah satu catatan penting pada #GulaliLab. Melibatkan anak-anak adalah langkah yang perlu diperhatikan peserta ketika membuat pertunjukan yang memang ditujukan kepada anak-anak. Nantinya, komentar dan masukan dari juri kecil juga akan kami bagikan kepada peserta #GulaliLab saat mereka mulai dengan kelas intensif bersama fasilitator.

Setelah kami mendengarkan pendapat dari para juri kecil, kami memutuskan ada 9 peserta yang lolos ke #GulaliLab. Terima kasih banyak untuk para juri kecil, Saima, Aliyah, Arka, Binar, Rintik, Dru, Widuri, Denden dan Lunang. Pendapat dan penilaian kalian sungguh berharga dan luar biasa.

Terima kasih juga untuk para orang tua, yang sepenuhnya memberikan ruang untuk para juri kecil ini berpendapat. Kalian luar biasa!

Nantikan proses peserta #GulaliLab serta Gulali Festival di kanal ini dan juga sosial media kami lainnya.

Yuk bagikan info tentang Festival Pertunjukan untuk Anak Gulali Festival, supaya lebih banyak anak-anak dan orang tua yang bisa menikmatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *